Mengenal React Hook

React Hook

React Hook diperkenalkan pertama kali di acara React Conf 2018 ( 25–26 Oktober 2018 ). Saat itu masih dalam tahap proposal dan baru masuk versi stable release di februari 2019 ( React 16.8 dan React Native 0.59 ). Sejak itu rakyat jagad react beramai-ramai memperbincangkan benda ini.

React Hook membuat penulisan component lebih simple dan elegan. Tapi tidak semua yang simple itu mudah di pahami, setidaknya dari pengalamanku sendiri.

Kenapa sih mesti pake React Hook ?

Setelah melakukan riset yang tekun dan rukun, kesimpulannya adalah table di bawah ini. Perhatikan ̶j̶a̶h̶a̶t̶-̶j̶a̶h̶a̶t̶ baik-baik

1. Simplicity — Kemudahan dalam penulisan

Dari sisi penulisan Function component lebih ringkas di banding class component, ya wajarlah karena fiturnya juga lebih sedikit tidak ada constructor, binding, dan method-method lifecycle seperti componentDidMount, componentDidUpdate dan lain sebagainya. Saya biasanya menulis component baru di function kemudian di refactor ke class ketika ada kebutuhan.

Apakah penulisan class component lebih sulit ?
Hmmm relatif ya, sejauh ini bagiku gak terlalu sulit, tapi ada banyak yang kurang nyaman ternyata.

Yang jadi pertanyaanku selama ini adalah….
Kenapa ada harus ada 2 cara membuat component ?
Kenapa tidak 3,4,5,6,7 dan 8 ?
biar greget kan

2. State & Props — Data bagi sang component

Karena function tidak memiliki state, tak heran jika pada akhir nya function hanya dijadikan sebagai presentational atau tampilan saja. Logic dan state di kelola oleh parent component ( teknik lifting state-up )

Redux menggunakan pola container dan presetantional component.
Cara kerjanya semua state & logic di kelola oleh redux ( container )
Child component subscribe ke container ( presetantional ).
Redux tidak peduli child component bentuknya function atau class

Redux bukan all in one solution untuk urusan state management. Terkadang malah terlalu overkill untuk project kecil atau project yang datanya tidak banyak atau kompleks. Redux juga butuh learning curve dan ritual panjang untuk problem yang skalanya kecil.

3. Lifecycle — Siklus hidup tumbuhan React

Lifecycle di class component menawarkan fleksibilitas dalam membangun komposisi component dan beragam skenario, walaupun memang butuh sedikit usaha belajar untuk memahami cara kerjanya. Sayangnya eksklusifitas ini tidak ada di function.

4. Reuse Logic — Logika yang Bispak (Bisa Pakai) lagi

Yang ketawa berarti paham. Bertobatlah 🤔

Salah satu prinsip pengembangan sofware adalah DRY ( Don’t Repeat Yourself ). Prinsip ini kadang tidak berjalan mulus di class component.

Sebagai contoh kita punya 100 component yang logic nya sama, hanya UI nya yang beda, anggaplah variasi component. Tapi karena component ini sangat bergantung ke internal state nya, apakah kita harus membuat duplikat 100 component ? gak ada cara lain ?

Ada, problem seperti ini umum terjadi, solusinya bisa menggunakan pola High Order Component dan Render Props. Masalah selesai ? iya, tapi ada potensi masalah baru. Codenya semakin kompleks dan menambah node baru di DOM yang kemungkinan nanti bisa terjebak di Wrapper Hell.

5. Pure Component — Component murni

Ini biasanya di sentuh kalau urusanya ke performance. Kalau aplikasi terasa lambat salah satu yang di tweak ya benda ini. Pure component hampir sama dengan class component bedanya di sini ada method shouldComponentUpdate.

Contoh kasus,
Setiap kali parent di re-render semua child componet juga ikut di re-render, ini defaultnya dari si react. Sebenarnya bukan masalah besar, yang menjadi masalah itu ketika ada child component yang melakukan proses komputasi yang berat. Ini akan di eksekusi setiap kali parent di re-render. Solusi bisa di refactor ke pure component, tujuannya supaya component ini nanti hanya di render ketika state atau prop berubah.

Tapi ingat function component tidak memiliki fitur ini. Sayang sekali saudara-saudara

6. Learning Curve — Kurva belajar

React Hook memang butuh sedikit learning curve terutama, pengetahuan tentang dasar react terutama lifecycle, high order component, render props akan banyak membantu nanti.

Mulai dari React Hook basic seperti

  • useState
  • useEffect
  • useContext

Kalau sudah nyaman dengan konsep diatas lanjut ke Hook tambahan berikut :

  • useReducer
  • useCallback
  • useMemo
  • useRef
  • useImperativeHandle
  • useLayoutEffect
  • useDebugValue

7. Kesimpulan

Dan kesimpulannya adalah

  • Class Component akan tetap di support oleh react. Tidak harus buru-buru refactor.
  • Untuk project baru sudahlah pakai React Hook aja.
  • Untuk project yang sudah berjalan dan di production, sebelum upgrade react pertimbangkan dependensi package yang lain. Pastikan test nya sudah berjalan dengan baik. Gak lucu hanya karena mau pakai React Hook aplikasi yang selama ini bejalan baik tiba-tiba ada bugs.
  • Redux tidak wajib. Ambil teorinya gunakan React Context dan useReducer

 

sumber :

React Hook Huk huk, eehhmmm… 😎

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x