JavaFX Akan Dipisah Dari JDK Mulai Versi 11

JavaFX

JavaFX adalah kumpulan package graphic dan media yang memungkinkan developer untuk membuat aplikasi desktop. JavaFX dirilis untuk menggantikan Swing sebagai pustaka standar GUI untuk Java SE. Ia mulai diperkenalkan tahun 2007 oleh Sun Microsystem. Pada tahun 2011 OpenJFX dirilis sebagai aplikasi open source dan menjadi bagian dari JDK.

Kini, dengan dirilisnya Java SE 9, Oracle memutuskan untuk memisahkan JavaFX dari JDK. Dengen pemisahan ini diharapkan developer memiliki kebebasan dan fleksibilitas lebih untuk menggunakan hanya JavaFX saja atau developer yang tidak ingin menggunakan JavaFX. Berdasarkan rencana Oracle, JavaFX akan mulai dipisahkan pada Java 11 (18.9 LTS) yang akan dirilis bulan September 2018.

Bagi pengguna JavaFX yang tersedia di Oracle JDK 8, layanan komersial tetap diberikan oleh Oracle sampai tahun 2022. Oracle juga saat ini sedang mencari pihak ketiga yang tertarik untuk membantu mengembangkan dan memelihara JavaFX sebagai modul open source terdistribusi yang terpisah.

sumber :

JavaFx akan di disah dari jdk mulai versi 11

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of