Konsep Dari Exception Handling pada Java

Suatu program apabila mengalami kesalahan akan menghasilkan suatu runtime errors seperti gagal membuka file, suatu program melakukan akses diatas range array dan lain-lain. ketika runtime errors tersebut terjadi, aplikasi akan membuat suatu exception. Dalam definisi lain exception Suatu mekanisme penanganan error atau event yang terjadi ketika program menemui kesalahan saat instruksi program dijalankan.
Contoh kesalahan yang terjadi :
– Pembagian bilangan dengan 0
– Pengisian elemen array diluar ukuran array
– Kegagalan koneksi database
– File yang akan dibuka tidak exist
– Operand yg akan dimanipulasi out of prescribed range
– Mengakses obyek yang belum diinisialisasi

Tujuan dari setiap exception :
– Error : mengindikasikan bahwa error yang terjadi adalah fatal error (severe problem) dimana proses recovery sangat sulit dilakukan bahkan tidak mungkin dilakukan. Contoh : program running out of memory.

– RuntimeException : mengindikasikan kesalahan implementasi atau desain program. Contoh : ArrayIndexOutOfBounds.

– Other exception : mengindikasikan kesalahan environment. Contoh : file not found, invalid URL exception.

Pengertian Try, Catch, Finally :
Try digunakan untuk menempatkan kode-kode program java yang mengandung kode program yang mungkin melemparkan exception. Catch digunakan untuk menempatkan kode-kode program java yang digunakan untuk menangani sebuah exception tertentu. Sedangkan finally digunakan untuk mendefinisikan kode program yang selalu dieksekusi baik ada exception yang terjadi maupun bila tidak terjadi exception sama sekali.

Kategori Exception :

Kategori Exception
Kategori Exception
Melempar exception :
1. Throw digunakan untuk melempar suatu exception jika user mengijinkannya dan akan di tangkap oleh exception.
2. Throws
Jika sebuah method dapat menyebabkan sebuah exception namun tidak menangkapnya, maka digunakan keyword throws. Aturan ini hanya berlaku pada checked exception. Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang checked exception dan unchecked exception pada bagian selanjutnya, “Kategori Exception”. Berikut ini penulisan syntax menggunakan keyword throws :
() throws {
}
Sebuah method perlu untuk menangkap ataupun mendaftar seluruh exceptions yang mungkin terjadi, namun hal itu dapat menghilangkan tipe Error, RuntimeException, ataupun subclass-nya.

sumber :

Konsep Dari Exception Handling

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of