Mengenal Perbedaan Antara Maven dan Gradle

perbedaan utama antara Maven dan Gradle adalah bahwa Maven adalah alat manajemen proyek dan perangkat pemahaman proyek yang mengelola pembuatan proyek, laporan, dan dokumen, sementara Gradle adalah alat otomatisasi pembangunan sumber terbuka yang berfokus pada fleksibilitas dan kinerja.

Maven adalah alat manajemen proyek perangkat lunak yang terutama digunakan untuk proyek berbasis Java. Tetapi, ini juga digunakan untuk mengelola proyek dalam bahasa pemrograman lain seperti C #, Scala, dan Ruby. Ini membantu mengelola build, dokumen, laporan, dependensi, konfigurasi perangkat lunak, rilis, dan distribusi. Sebagian besar IDE menyediakan plugin untuk Maven. Di sisi lain, Gradle adalah alat otomatisasi open source build. Ini adalah alat pembuatan resmi untuk Android. Selain itu, sangat dapat dikustomisasi dan memungkinkan menyelesaikan tugas dengan cepat dengan menggunakan kembali keluaran dari eksekusi sebelumnya.

Bidang-bidang Utama yang Dicakup

1. Apa itu Maven
– Definisi, Fungsi
2. Apa itu Gradle
– Definisi, Fungsi
3. Apa Perbedaan Antara Maven dan Gradle
– Perbandingan Perbedaan Kunci

Ketentuan Utama

Gradle, IDE, Maven

Perbedaan Maven dan Gradle
Gradle, IDE, Maven

 

Apa itu Maven?

Maven adalah alat manajemen proyek yang menangani build proyek, dependensi, distribusi, rilis, dll. Di sini, build perangkat lunak mengacu pada proses di mana kode sumber dikonversi menjadi bentuk yang berdiri sendiri yang dapat dijalankan di komputer.

Selanjutnya, Maven memungkinkan kompilasi, distribusi, dokumentasi, dan kolaborasi tim. Juga, repositori Maven adalah direktori file JAR yang dipaket dengan file pom.xml. Ia memiliki informasi konfigurasi untuk membangun proyek. Di sini, JAR adalah paket yang menggabungkan beberapa file kelas Java dan sumber daya terkait ke dalam satu file untuk distribusi.

Apa itu maven
Maven

 

Selain itu, dependensi Maven ada di dalam repositori. Ada tiga repositori sebagai repositori lokal, pusat dan jarak jauh. Pertama, Maven mencari repositori lokal, kemudian repositori sentral dan jauh. Repositori lokal ada di komputer.Namun, repositori pusat dan jarak jauh ada di web. Secara keseluruhan, Maven membuat pengembangan dan manajemen proyek lebih mudah.

Apa itu Gradle?

Gradle adalah sistem otomatisasi open source build. Ia menggunakan konsep Apache Ant dan Apache Maven. Terutama, itu dirancang untuk mendukung pembangunan multi-proyek. Di mana, Gradle menggunakan Grafik Acyclic yang Diarahkan untuk menentukan urutan untuk menjalankan tugas. Gradle menjadi populer dalam waktu singkat. Misalnya, Google mengadopsi Gradle sebagai alat bantu bawaan untuk OS Android.

 

Android
Android

Selanjutnya, Gradle didasarkan pada Domain Specific Language (DSL). Itu tidak menggunakan XML. Karena, ia dirancang untuk memecahkan masalah tertentu. Selain itu, mendukung siklus hidup perangkat lunak dari kompilasi melalui analisis dan pengujian statistik hingga pengemasan dan penyebaran.

Selain itu, Gradle memberikan banyak keuntungan. Hal ini memungkinkan penerapan prinsip-prinsip desain umum untuk proses pembangunan. Ini membantu pengembang untuk merancang bangunan yang terstruktur dengan baik dan dapat dipertahankan untuk beberapa proyek. Selain itu, ia menyediakan berbagai teknik untuk mengelola dependensi.

Perbedaan Antara Maven dan Gradle

Definisi

Maven adalah manajemen proyek perangkat lunak dan alat pemahaman terutama digunakan dengan proyek-proyek berbasis Java. Sebaliknya, Gradle adalah sistem otomatisasi open-source build yang dibangun berdasarkan konsep Apache Ant dan Apache Maven. Jadi, ini adalah perbedaan mendasar antara Maven dan Gradle.

Pengembang

Yayasan Perangkat Lunak Apache mengembangkan Maven. Hans Dockter, Adam Murdoch, Szczepan Faber, Peter Niederwieser, Luke Daley, Rene Gröschke, Daz DeBoer, dan, Steve Appling adalah pengembang Gradle.

XML

Penggunaan XML adalah perbedaan utama antara Maven dan Gradle. Maven menggunakan XML. Namun, Gradle tidak menggunakan XML karena ia memiliki DSL sendiri berdasarkan Groovy.

Buat Script

Selain itu, skrip Gradle lebih pendek dan lebih bersih daripada skrip Maven.

Bahasa Tertulis

Maven ditulis dalam bahasa Jawa. Sebaliknya, Gradle ditulis dalam Java, Gradle dan Kotlin. Ini adalah perbedaan lain antara Maven dan Gradle.

Pemakaian

Selain itu, perbedaan utama antara Maven dan Gradle adalah dalam penggunaannya masing-masing. Maven mempermudah proses pembuatan, memberikan panduan untuk praktik terbaik dalam pengembangan dan memungkinkan migrasi transparan ke fitur-fitur baru. Di sisi lain, Gradle memungkinkan penataan bangunan. Selain itu, ia mendukung pembangunan multi-proyek, meningkatkan produktivitas, menyediakan cara mudah untuk bermigrasi dan berbagai teknik untuk mengelola membangun.

Kesimpulan

Singkatnya, perbedaan utama antara Maven dan Gradle adalah bahwa Maven adalah alat manajemen proyek dan pemahaman perangkat lunak yang mengelola pembuatan, laporan, dan dokumen proyek, sementara Gradle adalah alat otomatisasi open source build yang berfokus pada fleksibilitas dan kinerja.

Referensi:

1. “Maven – Pendahuluan”, Proyek Apache Maven,

2. what-is-the-difference-between-maven-and-gradle

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x